kacang hijau

Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Manfaat kacang hijau khususnya untuk ibu hamil telah dikenal sejak beberapa dekade yang lalu. Apa sih manfaatnya? Saya hanya tahu kacang hijau sangat baik untuk ibu hamil tapi tidak tahu apa manfaatnya secara rinci.

Nutrisi serta manfaatnya antara lain:

Asam Folat
Asam folat sangat penting dikonsumsi pada trimester awal kehamilan (bahkan sejak sebelum hamil) dab berguna untuk perkembangan sistem saraf pada bayi. Hal ini tentunya berhubungan dengan tingkat kecerdasan bayi. Asam folat juga mencegah terjadinya kecacatan pada bayi seperti bibir sumbing, kelainan jantung, spina bifida, dan kecacatan lainnya. Asam folat juga dapat kita jumpai pada kacang kedelai, brokoli, jeruk, bayam, alpukat, dan lain-lain.

Vitamin B1 dan B2
Vitamin ini bermanfaat untuk membantu penyerapan protein, pertumbuhan janin, melancarkan pencernaan, menjadi katalis untuk perubahan karbohidrat menjadi energi, serta membantu fungsi saraf. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan beri-beri, mudah lelah, dan konstipasi. Kacang hijau sangat baik untuk mengatasi kelelahan saat kita hamil karena kandungan vitamin B1-nya.

Protein tinggi
Protein bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ pada janin. Bila kebutuhan protein tidak tercukupi, maka pertumbuhan organ bayi tidak sempurna serta terjadi kecacatan. Penelitian terbaru menyebutkan bahwa konsumsi protein yang cukup saat hamil, akan meningkatkan volume rambut bayi.

Lemak baik
Lemak bermanfaat sebagai cadangan makanan pada tubuh, melindungi organ, serta menjaga kestabilan suhu tubuh kita maupun bayi kita. Lemak pada kacang hijau berkadar rendah serta aman untuk jantung. Kacang hijau aman dikonsumsi terutama oleh wanita hamil penderita preeklampsia karena lemak pada kacang hijau aman untuk tekanan darah.

Karbohidrat Kompleks
Karbohidrat kompleks dicerna tubuh lebih lama sehingga energi kita lebih stabil bila mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Dengan mengkonsumsi kacang hijau yang mengandung karbohidrat kompleks, kita akan merasa kenyang lebih lama serta tidak mudah lelah.

Kalsium dan fosfor
Kalsium berfungsi untuk petumbuhan tulang pada janin serta meningkatkan kepadatan tulang ibu. Fungsi utama fosfor adalah pemberi energi, membantu metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesa DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium. Kalsium akan bekerja lebih maksimal jika dikonsumsi bersamaan dengan fosfor. Kebutuhan kalsium dan fosfor pada saat hamil meningkat karena unsur ini penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Bila konsumsinya tidak mencukupi maka bayi akan mengambil kalsium dari tubuh ibu sehingga ibu di kemudian hari bisa beresiko mengalami osteoporosis.

Serat

Serat berfungsi membantu kelancaran proses pencernaan serta memelihara kesehatan saluran cerna kita. Terhambatnya proses pencernaan akan mengakibatkan penyerapan nutrisi yang tidak maksimal oleh tubuh.

sumber : http://www.mommeworld.com/post/view/1635/manfaat-kacang-hijau-untuk-ibu-hamil/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s