Kiat Menyapih Anak Tanpa Rewel

(Semoga bermanfaat)

Seringkali seorang ibu kesulitan menyapih anaknya, entah karena alasan tidak tega anaknya rewel saat mau tidur yang biasanya tenang karena menyusu sebagai pengantar tidur, atau juga karena malas melihat anaknya rewel saat seorang ibu dalam keadaan lelah karena pekerjaan rumah atau sepulang kerja.

Berikut tips menyapih anak dengan cinta, agar ia mengerti dan tidak rewel disaat – saat biasa anak menyusu.

  1. Menyapih secara bertahap, mulai dengan mengurangi frekuensi menyusui.Klo biasanya anak menyusu 3x/sehari, kurangi menjadi 2x/hari, kemudian 1x/hari, sampai akhirnya anak tidak menyusu lagi.
  2. Mengalihkan perhatiaan anak dengan hal – hal lain yang menarik perhatiannya, misalnya sebelum tidur membacakan ia cerita, jika siang hari dapat diajak bermain, mewarnai, berkebun.
  3. Ajak anak berkomunikasi, menyampaikan kenapa tidak boleh menyusu lagi, bisa disampaikan terkait usia dedek yang dah bertambah, sudah mau sekolah, dsb. Selalu ajak anak berkomunikasi mengenai mengapa melakukan sesuatu dan mengapa tidak boleh melakukan sesuatu,hal ini sekaligus mengajari mereka mengerti sesuatu, dan kritis terhadap sesuat.
  4. Konsisten, ini penting untuk seorang ibu. Seringkali ia tidak konsisten dengan program penyapihannya karena alasan tidak tega anak rewel, tidak ingin melihat anaknya menangis. Berpikir positif bahwa apa yang dilakukannya sekarang bermanfaat untuk melatih kemandirian anak sejak dini. Seorang ibu dapat mengekspresikan kasih sayangnya pada anak dalam bentuk yang lain, selain menyusui.Sehingga ibu pun tidak akan merasa akan semakin jauh dengan si kecil karena sudah tidak menyusuinya lagi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s